Teknik SEO Yang Wajib Diterapkan Di Tahun 2021

teknik seo

5 Teknik SEO Yang Harus Diterapkan Di Tahun 2021

Jika ingin optimasi website dengan SEO tentunya kita harus tahu terlebih dahulu teknik-teknik SEO yang akan diterapkan. Karena setiap tahunnya masing-masing mesin pencari memperbarui algoritmanya untuk pengoptimasian situs-situs yang ada di hasil pencariannya, maka dari itu mau tidak mau kita harus mengikuti pembaruan tersebut.
Berikut ini adalah 5 teknik SEO yang harus diterapkan di tahun 2021 :

 

  1. Fokus Pada Pengguna dan Search Intent (Maksud Pencarian)

Menurut Britney Muller, Konsultan SEO & Mahasiswa Ilmu Data, Britney Muller LLC, Kini ahli SEO perlu beralih dari praktik tradisional dan lebih fokus untuk lebih memahami apa yang terjadi di dalam hasil pencari atau maksud pencari (Search Intent).

Google sudah menunjukkan kepada kamu hasil mana yang menurutnya sesuai dengan maksud pengguna, gunakan data ini untuk strategi kamu sendiri. 

Sekarang analisis SERP akan menjadi praktik yang penting tidak hanya di tahun 2021, tetapi ke depannya seiring dengan perubahan maksud penelusuran (Search Intent) dan Google terus menjadi lebih canggih untuk mengikutinya.

Jelas bagi Marie Haynes, CEO, Marie Haynes Consulting Inc., bahwa jika kamu ingin menang di SEO pada tahun 2021, kamu harus melakukan usaha ekstra dalam memberikan informasi kepada pengguna.

Oleh sebab itu, berikut ini ada saran dari Adam Riemer, Presiden di Adam Riemer Marketing:

Mereka harus melupakan diri mereka sendiri dan melayani pengunjung mereka.”

Ini termasuk:

  • Konten yang membahas kebutuhan dan kekhawatiran pengunjung dan bukan hanya sekedar membahas tentang produk, perusahaan, atau mengapa produk bagus kamu semata.
  • Situs web yang bisa memuat dan stabil dengan cepat 
  • Tidak membuat orang bekerja keras untuk menemukan konten kamu 
  • Tidak adanya notifikasi pop-up, paksaan registrasi, dan yang lainnya di dalam website

Dengan Google yang kini lebih berfokus untuk memuaskan niat pengguna, Steven van Vessum, dari VP Community  ContentKing mengatakan bahwa lebih penting untuk berfokus mempelajari apa yang dicari pengguna di tahun 2021 nanti.

 

  1. Core Web Vital & Pengoptimalan Pengalaman Halaman (Page Experience)

Dengan diperkenalkan Core Web Vitals sebagai faktor peringkat pada tahun 2021, metrik pengalaman halaman tidak dapat lagi diabaikan, menurut Areej AbuAli, Manajer SEO, Zoopla.

Situs web dan bisnis perlu memprioritaskan mereka untuk memastikan mereka tidak tertinggal dari pesaing,” kata AbuAli. 

Manfaatkan wawasan yang diberikan melalui alat SEO. Semuanya, mulai dari kecepatan halaman, kesesuaian untuk perangkat seluler, rendering, pengoptimalan gambar, dan protokol keamanan perlu dioptimalkan.

Kita harus melihat bagaimana sebuah halaman memengaruhi perasaan pengguna, bukan hanya apakah halaman tersebut dapat diakses dan dipahami oleh crawler mesin pencari saja.

Ini akan melibatkan kita mengambil pendekatan yang berpusat pada pengguna dengan upaya pengoptimalan kami, termasuk fokus yang tajam pada :

  • Seberapa cepat dan lancar halaman dimuat.
  • Seberapa cepat halaman menjadi responsif terhadap interaksi pengguna.
  • Betapa mudahnya situs web digunakan dan dinavigasi di perangkat seluler.
  • Keselamatan dan keamanan koneksi situs saat pengguna menjelajahinya.

Perlu dipastikan juga bahwa Google bisa mengakses konten terbaik kamu dari mana saja juga memastikan agar situs web kamu memilki antarmuka (interface) yang jauh lebih baik dari kompetitor.

 

  1. Mobile SEO

SEO kini berevolusi ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Bagaimana tidak, pasalnya menurut data Google terdapat 70% lebih akses situs web yang berasal dari perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Maka dari itu perlu diperhatikan juga untuk berusaha membuat website menjadi mobile friendly, karena ini juga merupakan teknik seo yang perlu diterapkan di tahun 2021.

Bukan hal yang mengherankan sebab hampir setiap orang pasti memiliki smartphone dikantung mereka. Dan Informasi lebih mudah diakses, praktis, dan dibaca melalui smartphone ketimbang via desktop atau laptop.

 

  1. Long Form Content

Ron Lieback, CEO sekaligus Pendiri ContentMender mengatakan bahwa  salah satu tren untuk membantu kamu mengungguli kompetitor adalah secara konsisten menerbitkan konten dalam format yang lebih panjang (Long Form) yang sesuai dengan pedoman E-A-T Google, serta menyisipkan elemen emosi didalamnya.

Sepanjang tahun 2020, saya secara konsisten menyaksikan blog dengan lebih dari 2.000 kata secara dramatis mengungguli blog dengan 1.000 kata atau kurang,” kata Lieback. 

Tren konten bentuk panjang ini akan berlanjut pada 2021, dan karena semakin banyak situs web mengikuti tren ini, panjangnya akan semakin besar – bahkan mungkin sampai 2.500-3.000 kata untuk blog agar bisa mendapat peringkat lebih baik dari yang lain.

 

Baca juga : 10 Teknik Jitu SEO Yang Akan Trending di Tahun 2021

 

  1. Skalabilitas SEO

Ditahun 2021 nanti, bisa mengukur seperti apa perfoma SEO kamu akan menjadi trend yang tidak bisa dihindari agar unggul dari kompetitor.

Mark Traphagen, Vice President of Product Marketing And Training seoClarity punya 3 tips untuk kamu, yaitu :

  • Buat daftar semua tugas, proses, dan alur kerja yang kamu lakukan secara teratur. Tentukan langkah-langkah mana di dalamnya yang dapat diotomatiskan atau ditangani dengan lebih baik dengan menggunakan bantuan tools.
  • Siapkan sistem peringatan yang memantau perubahan signifikan pada hal-hal seperti peringkat kata kunci penting kamu, membalikkan peringkat URL untuk kata kunci yang sama (kanibalisasi URL), perubahan konten halaman, perubahan URL, dan lainnya.
  • Tetapkan SoP (Prosedur Operasi Standar) untuk tugas rutin apa pun yang tidak dapat kamu otomatisasi sehingga tim kamu tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga.

 

Sumber : https://www.searchenginejournal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *