Optimasi Website Dengan 10 Teknik Terbaru

optimasi website

Cara Optimasi Halaman Website

Memiliki website dengan ranking yang tinggi dalam hasil search engine, mudah digunakan, dan loading speed yang cepat akan meningkatkan traffic web Anda, meningkatkan pengalaman user, dan menambah kualitas keseluruhan situs Anda. Berikut ini adalah 10 cara optimasi website kamu untuk Search engine, Accessibility, dan Perfomance nya.

 

  1. Analisa dan Pelajari Website kamu

Langkah pertama dan terpenting untuk SEO adalah menganalisis website kamu untuk menentukan perubahan apa yang harus dilakukan. Proses ini termasuk menilai Site Navigation, Context, dan keseluruhan tampilan website. 

Setelah kamu menentukan masalah umum seperti kurangnya gambar, barulah kamu bisa melanjutkan ketahap berikutnya.

  • Ada baiknya jika kamu membuat daftar atau list tentang hal-hal apa saja yang perlu anda rubah atau tambahkan pada website.
  • Perlu diingat bahwa search engine melihat nama domain, tag judul, dan tag header untuk membantu mereka dalam menentukan peringkat website sesuai dengan tingkat relevansinya. Dengan demikian, penting untuk menjaga konsistensi dalam teks dengan subjek situs kamu.

 

  1. Review Jenis Kompetisi Website

Dengan mengetahui kompetisi apa yang ada pada industri website kamu, kamu nantinya  akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya perlu dicapai. 

Sangat membantu untuk menemukan 5 hingga 10 pesaing teratas di industri Anda dan mengetahui metode apa yang mereka gunakan, termasuk keyword dan site structure yang mereka pilih.

Mengetahui strategi mereka akan membantu kamu mengidentifikasi titik kelemahan kamu sendiri.

 

  1. Riset Keyword / kata kunci

Mengidentifikasi keyword apa yang berhubungan dengan konten website kamu. Ini bisa berupa istilah pencarian populer yang mengarahkan orang ke situs kamu, kata-kata yang berhubungan dengan topik keseluruhan kamu, dan topik halaman tertentu atau postingan blog. 

Jika kamu kesulitan menentukan keyword apa yang sedang trending, kamu bisa menggunakan tools seperti google trends untuk mendapatkan jenis keyword dengan volume pencarian tertinggi.

Untuk hal ini, kamu bisa memanfaatkan tools seperti Dimia.id. Ia memiliki beragam fitur SEO yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan peringkat website.

 

  1. Letakan Keyword Unggulan pada Konten

Memiliki konten yang kaya akan keyword adalah faktor penentu ranking dalam sistem hasil pencarian. 

Namun, beberapa bot search engine dapat menghukum suatu website dengan pinalti jika terlalu banyak menyisipkan keyword pada kontennya. Berikut ini adalah dimana saja tempat anda harus memfokuskan keyword kamu :

  • Gunakan keyword utama di Home Page kamu.
  • Sertakan Keyword unggulan dalam Tag header, Title tag, dan Meta tag.
  • Sertakan Keyword dalam anchor text yang digunakan untuk menggambarkan link yang terhubung.
  • Gunakan keyword di URL halaman yang baru dibuat.

 

  1. Sisipkan Meta Tag, Title Tag, dan Meta Description

Meta tag HTML tidak akan mengubah konten yang terlihat di suatu website, meta tag hanya ada dan berlaku untuk search engine dan bot lainnya. Berikut ini adalah di mana saja kamu dapat menggunakan meta tag untuk meningkatkan ranking pencarian web :

  • Tempatkan Meta tag Title di bagian atas setiap halaman untuk mengidentifikasi keseluruhan konten dokumen ke mesin pencari.
  • Tulis Tag Meta description yang akurat, karena sering digunakan oleh mesin pencari untuk menggambarkan suatu situs dalam hasil pencarian.
  • Tambahkan tag meta keyphrase juga untuk mengungkapkan keyword unggulan untuk setiap halaman ke bot mesin pencari.

 

  1. Gunakan Tools Traffic Report

Tools traffic report adalah tools yang digunakan untuk menentukan traffic terkini di web anda untuk melihat jenis kegiatan apa yang terjadi, dari mana traffic kamu berasal, dan halaman apa yang paling populer di website kamu serta bagaimana peringkat mereka saat ini. 

Jika kamu belum memantau traffic web, kamu wajib melakukannya setidaknya satu bulan sekali.

Langkah ini sangat penting dalam proses SEO karena laporan traffic juga berfungsi sebagai tolak ukur untuk melihat bagian mana yang perlu anda optimasikan.

 

  1. Terus Update Konten Baru

Konten baru adalah faktor penting dalam membuat pengunjung situs tertarik dan kembali lagi mengunjungi website anda. 

Hal ini berpotensi meningkatkan ranking kamu di hasil pencarian google. Saat menulis konten baru, perlu diingat bahwa setiap halaman harus memiliki setidaknya 350 jumlah kata.

 

  1. Bangun Link Berkualitas dengan Website Lain

Membangun incoming link atau backlink yang baik juga dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dan traffic situs web kamu. Daftarkan situs web kamu di direktori dan forum yang relevan, dan tanyakan situs web tentang topik serupa untuk membuat link ke konten pada web kamu.

Sebagian besar search engine menentukan ranking halaman web berdasarkan jumlah dan kualitas link yang mengarah ke suatu website.

 

  1. Membuat Sitemap

Sitemap adalah file XML yang mencantumkan setiap URL yang ada di situs web kamu. Provide Hosting website kamu mungkin menyediakan file ini, atau kamu bisa membuatnya sendiri secara manual dengan menginstall plugin wordpress dan mendaftarkan sitemap tersebut di google search console.

Memiliki sitemap juga dapat membantu kamu melacak link kamu saat ini, memungkinkan untuk memperbarui atau menghapus link yang tidak berfungsi agar website kamu lebih optimal

Perlu diingat untuk memperbarui sitemap kamu saat Anda mengganti atau memperbarui suatu link. 

 

  1. Sisipkan Call-to-Action di Website 

Call to Action (CTA) adalah sebuah instruksi yang didesain agar pengunjung website melakukan aktivitas atau memberikan respon langsung sehingga menghasilkan konversi. Misalnya saja kamu membuat tombol CTA “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang”.

 

Baca juga : Pengaruh Mengganti Tema Untuk SEO WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *