Memahami Fungsi SEO Dan Pentingnya Belajar SEO

fungsi seo

Search Engine Optimizer atau SEO adalah strategi untuk meningkatkan peringkat situs kamu dalam mesin pencari  melalui beberapa proses optimasi pada elemen di dalam maupun di luar website.

SEO melibatkan beberapa hal seperti mengidentifikasi kata kunci dan frase mana yang digunakan target audiens kamu ketika mencari produk atau layanan seperti yang kamu tawarkan, kemudian mengoptimasi elemen website berdasarkan hal tersebut.

Baik sejak dulu hingga saat ini, SEO adalah bagian penting dari strategi pemasaran yang efektif. Tanpanya, sebuah bisnis digital tidak akan mampu bertahan dari banyaknya kompetitor. Oleh sebab itu, sekarang ini penting bagi kita untuk mulai belajar SEO dan memahami fungsi dari SEO tersebut. Berikut ini kita akan bahas apa saja fungsi SEO dan mengapa kita harus belajar mengenai SEO:

 

  1. Membangun Brand

Meskipun branding sering kali dianggap sebagai strategi pemasaran tradisional, sedangkan SEO masuk dalam kategori digital, keduanya sama-sama memiliki langkah yang serupa.

Membangun merek membutuhkan pertimbangan tentang yang kamu berikan (jasa/produk), dan apa yang dikatakan orang lain tentang hal tersebut.

Ketika kamu mengoptimasi web atau faktor serupa, kamu perlu membuat konten yang juga sesuai dengan kebutuhan serta minat target audiens. Kemudian mencari cara untuk mendapatkan link ke konten tersebut dari situs lain (backlink).

Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memilih kata kunci dan membuat konten yang sesuai dengan citra merek atau brand yang kamu targetkan.

 

  1. Mengundang Lebih Banyak Traffic Pengunjung

Di poin ini fungsi SEO adalah untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil penelusuran. Namun di luar itu, tujuan mencapai peringkat tinggi adalah untuk menarik lebih banyak lalu lintas (traffic) pengunjung dan idealnya untuk mengubah lalu lintas tersebut menjadi pelanggan.

Hal ini penting untuk meningkatkan konversi di website kamu, karena kita membangun sebuah website pasti ada tujuan tertentu, baik itu untuk penjualan produk maupun jasa. Dengan meningkatnya trafik website, maka kemungkinan terjadinya transaksi di website akan lebih besar karena website kamu mudah ditemukan di mesin pencari.

 

  1. SEO Tidak Membutuhkan Biaya Iklan

Salah satu keuntungan terbesar dari SEO adalah tidak membutuhkan biaya sama sekali karena ia mengundang traffic pengunjung secara organik (tanpa iklan). Meski prosesnya panjang dan melelahkan, namun SEO sangat patut diterapkan.

Sebab ketika menggunakan iklan, kamu akan dituntut untuk terus menerus menyediakan budget iklan sesuai ketentuan platform iklan tersebut. Yang mana akan menguras biaya, belum lagi jika hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

 

  1. Meningkatkan Visibilitas Website di Mata Target Audiens

SEO dapat membantu bisnismu tampil di hadapan target audiens saat mereka secara aktif mencari informasi, mengingat betapa umumnya konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi tentang produk dan layanan, ini adalah peluang besar.

Karena faktanya, 62% konsumen beralih ke mesin telusur terlebih dahulu ketika mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis, produk, atau layanan baru dan 41% menggunakannya saat mereka siap untuk membeli.

Ini artinya kalau kamu ingin bisnismu menjadi bagian dari proses penelitian online pengguna, bisnis tersebut harus muncul di hasil penelusuran untuk kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Selain itu, menurut survei yang sama, 48% konsumen lebih suka mengunjungi situs resmi suatu bisnis untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka cari.

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas

Internet telah mengubah secara drastis seperti apa proses penjualan di banyak jenis industri bisnis.

Itu karena saat ini, konsumen seringkali melakukan riset sendiri sebelum akhirnya membeli suatu produk atau menggunakan layanan jasa yang ada di internet. Dengan pengoptimalan SEO, kamu dapat menjadi bagian dari proses pembelajaran tersebut.

Belum lagi kalau SEO kamu gabungkan dengan pemasaran kontenmu. Maka kamu akan memiliki kesempatan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan calon pelanggan diawal fase penelitian mereka.

 

  1. Membuatmu Unggul di Hadapan Kompetitor

Saat kamu menerapkan SEO dan mengoptimalkan websitemu, disini kamu bukan hanya meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian, melainkan juga membuatmu unggul dihadapan kompetitor.

Artinya, saat peringkat kamu naik di hasil pencarian Google, maka kamu akan memperoleh persentase kunjungan yang lebih besar untuk kata kunci yang kamu targetkan.

 

  1. Meningkatkan Pengalaman Pengunjung (User Experience)

Tujuan utama Google adalah memberikan hasil terbaik bagi penggunanya. Akibatnya, banyak dari pembaruan algoritma mereka berfokus pada memastikan bahwa pengguna  diarahkan ke situs yang tidak hanya menyediakan konten yang relevan, tetapi juga pengalaman pengguna yang membuat pengunjung nyaman.

Itulah mengapa saat ini, faktor teknis seperti kesesuaian untuk perangkat mobile (seluler), dan kecepatan situs web memainkan peran yang jauh lebih besar dalam menentukan peringkat daripada sebelumnya.

Selain itu pengalaman pengguna juga sangat berperan terhadap konversi. Maka dari itu kita harus mulai memahami fungsi-fungsi SEO untuk memberikan kepuasan pada audiens kita.

 

Baca juga : Optimasi SEO Bagi Pemilik Bisnis Online

 

Demikian pembahasan kali ini, sebagai pengetahuan tentang fungsi SEO dan alasan mengapa kita harus belajar SEO. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : https://www.crazyegg.com/blog/seo/why-search-engine-optimization/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *