Keutamaan Dari Data Keyword Kualitatif Untuk SEO

Keutamaan Dari Data Keyword Kualitatif Untuk SEO

Data Keyword Kualitatif Untuk SEO

Menganalisis angka volume pencarian dari tools seperti Google Keyword Planner adalah elemen inti dari penelitian kata kunci (Data Keyword). 

Angka-angka ini membantu penggunanya  menyaring daftar kata kunci utama mana saja yang paling sering pengunjung website ketik ketika mencari informasi.

Akan tetapi terlalu banyak orang yang hanya fokus pada  angka volume pada penelitian kata kunci mereka. Sehingga nilai sebenarnya dari jenis kata kunci bervolume rendah menjadi hilang. Di sisi lain, sebuah proses yang lebih berfokus pada data kata kunci kualitatif membuka banyak peluang dan wawasan baru.

Pentingnya Data Keyword Kualitatif Untuk SEO

Alasan utamanya adalah karena kekurangan yang melekat pada data yang disediakan alat penelusuran. Jika alat ini 100% akurat dan komprehensif, kita dapat menggunakannya sebagai satu-satunya sumber data saat menyusun strategi.

Tapi  Faktanya adalah, bahkan alat terbaik yang ada tidak memberikan hasil terbaik.

Mengapa ini penting? Ini berarti bahwa banyak istilah dan topik yang kita abaikan karena tidak ada angka volume penelusuran sebenarnya dapat mewakili peluang besar.

Batasan Data Volume Pencarian

  1. Google Keyword Planner mengelompokkan istilah-istilah yang mirip secara semantik. Ini berarti Anda dapat meminta data seputar kata kunci yang sangat dicari dan tidak mendapatkan hasil dalam platform, hanya karena istilah itu digabungkan dengan yang lain.
  2. Google menggabungkan volume yang ditampilkan ke dalam pita tertentu. Ini berarti kamu akan melihat rentang seperti “50” dan “90” sering muncul ketika angka rata-rata sebenarnya sangat jauh dari ini. Lebih penting lagi, kamu tidak akan pernah mendapatkan angka untuk apa pun dengan kurang dari 10 penelusuran dalam sebulan. Mengingat 15% pencarian belum pernah terlihat sebelumnya, ini adalah lubang besar pada apa yang ditunjukkan alat ini kepada kamu.Data Google Trends tidak sejalan dengan Keyword Planner. Jika kamu mencari bukti bahwa Google tidak menunjukkan gambaran lengkapnya kepada kita, coba bandingkan dua istilah di Google Trends, lalu lakukan hal yang sama di Google Keyword Planner. Ada kemungkinan besar kamu akan melihat hasil yang sangat berbeda. Beberapa bahkan mungkin tidak muncul di salah satu platform atau lainnya.

Google tidak menampilkan data seputar banyak istilah non-komersial. Ini berasal dari tujuan utama keyword planner yaitu untuk membantu pengiklan merencanakan sebagian besar pesan komersial mereka melalui kampanye PPC. Namun, istilah ini sering kali persis seperti yang ingin kita targetkan dengan konten kesadaran (awareness) melalui SEO.

Ada pula  argumen untuk tools seperti Ahrefs, yang tidak mengelompokkan istilah secara bersama-sama, tetapi tools tersebut juga memanggil Google untuk data penelusuran sampai tingkat tertentu. 

Terlebih lagi, mereka mengandalkan clickstream untuk sisanya, yang hanya merupakan tampilan representatif dari penelusuran, berdasarkan analisis perilaku pengguna tertentu.

Bagaimana Cara Mencari Data Keyword Kualitatif ?

Sebagai titik acuan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada tools Google, kamu bisa memanfaatkan tools berikut :

  • Answer the public & io – Tools ini mengikis fungsi saran otomatis Google untuk menemukan sejumlah besar kata kunci bersifat Long tail yang kamu lewatkan di tools standar SEO lainnya.
  • Search Console – Sering kali, berbagai istilah yang memiliki kualitas muncul di akun Search Console kamu tetapi tidak akan tampil pada tools seperti Keyword Planner.
  • Memanfaatkan AutoSuggest Google – Memang cara yang sedikit manual, namun cara ini bisa memberikan kamu gambaran seperti apa kata kunci yang ditelusuri orang lain. Dari gambaran tersebut nantinya hanya perlu di implementasikan pada konten di websitemu

Kamu juga bisa melihat respon orang-orang yang pernah terlibat dengan produkmu di platform media sosial. Kamu juga bisa melihat kondisi bisnis yang sama denganmu, lihat sesi tanya jawab mereka. dapat memberikan wawasan tentang kampanye informasi yang lebih luas, dan bahkan pengembangan produk baru.

Sumber : https://www.searchenginewatch.com/2020/11/02/the-untapped-value-of-qualitative-keyword-data/

 

Baca juga : Cara Riset Keyword Yang Benar Untuk SEO dalam 6 langkah mudah

Tinggalkan Balasan