fbpx
cara optimasi seo

Cara memaksimalkan Gambar Untuk SEO

Jika Anda seorang blogger atau Salah satu penulis artikel untuk website atau portal Berita, kemungkinan besar Anda akan bertanya apakah artikel Anda memerlukan gambar atau tidak. pasti Jawabannya selalu “Ya”. Gambar akan memberikan kesan yang baik Untuk artikel dan juga berkontribusi pada SEO situs web Anda, Karena pembaca g terlalu jenuh lihat tulisan kita, jika ada gambar orang akan betah baca artikel kita. pada pembahasan Kali ini kita akan coba menjelaskan cara mengoptimalkan gambar sepenuhnya untuk SEO dan memberikan beberapa petunjuk tentang penggunaan gambar untuk pengalaman pengguna.

 

Gambar, bila digunakan dengan benar, akan membantu pembaca lebih memahami artikel Anda.
Ini adalah rekomendasi sederhana: tambahkan gambar ke setiap artikel yang Anda tulis agar tulisan yang kita buat lebih menarik. Terlebih lagi, karena pencarian visual menjadi semakin penting – seperti yang terlihat dalam visi Google untuk pencarian masa depan – ini bisa memberi Anda sedikit lalu lintas yang bagus. Dan jika Anda memiliki konten visual, masuk akal untuk menempatkan SEO gambar sedikit lebih tinggi pada daftar tugas Anda.

 

Berikut tips  memaksimalkan Gambar Untuk SEO agar website bisa tampil di halaman utama Google:

 

1. Berikan Nama File Gambar yang Sesuai Target Kata Kunci

 

Nama file bisa memberikan informasi kepada Google mengenai suatu gambar. Contohnya, Baju-batik.jpg itu lebih baik daripada IMG_2020.jpg. Ini adalah SEO image dasar yang sudah dipraktekkan banyak orang.

SEO gambar dimulai dengan nama file. Anda ingin Google mengetahui tentang gambar itu tanpa melihatnya, jadi gunakan fokus kata Kunci di file gambar yang anda Gunakan. Contohnya Jika anda membuat artikel dengan judul Kursus SEO, Maka nama file yang di gunakan untuk gambar Tersebut yaitu : Kursus-SEO.png. ini lebih baik daripada : img.333333.png

Gamabar di bawah adalah salah satu contoh yang saya gunakan ketika saya akan membuat suatu artikel, untuk gambar saya targetin sesuai kata Kunci.

Memaksimalakan Gambar Untuk seo

 

Baca Juga :

 

2. Skala untuk SEO gambar

 

Waktu pemuatan penting untuk UX dan SEO. Semakin cepat situsnya, semakin mudah bagi pengguna dan mesin pencari untuk mengunjungi (dan mengindeks) sebuah halaman. Gambar dapat berdampak besar pada waktu pemuatan, terutama saat Anda mengunggah gambar yang sangat besar untuk menampilkannya sangat kecil – misalnya, gambar 2500 × 1500 piksel yang ditampilkan pada ukuran 250 × 150 piksel – karena seluruh gambar masih harus dimuat. Jadi ubah ukuran gambar ke tampilan yang Anda inginkan. WordPress membantu dengan secara otomatis menyediakan gambar dalam berbagai ukuran setelah mengunggahnya. Sayangnya, bukan berarti ukuran file juga dioptimalkan, itu hanya ukuran tampilan gambar. Jadi pikirkan tentang ukuran di mana Anda mengunggah gambar Anda!

 

3. Tambahkan  ALT Text Pada Gambar

 

Alt text (alternative text) berfungsi untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang kamu bahas pada konten. Tulislah alt text sesuai kata Kunci yang anda Targetkan.

Perhatikan Gambar berikut ini :

Memaksimalkan Gambar Untuk SEO

 

“Tempat Kursus SEO Terbaik Babastudio”

 

4. Kompres Ukuran file Gambar

 

Langkah selanjutnya dalam SEO gambar harus memastikan bahwa gambar skala Anda dikompresi sehingga disajikan dalam ukuran file sekecil mungkin.

Kompres gambar adalah cara optimalisasi image SEO dengan mengecilkan ukuran gambar tanpa menurunkan kualitas dari gambar tersebut. Karena ukuran gambar sangat berpengaruh terhadap kecepatan website. Semakin kecil ukuran file gambar kamu, maka semakin mempercepat loading time website kamu.

Berikut Tools online yang sering saya gunakan Untuk mengkompres Ukuran Gambar:

https://compresspng.com/

https://compressjpeg.com/

memaksimalkan Gambar untuk seo2-min

 

5. Gunakan Format Gambar yang Tepat

 

Untuk gambar, yang format yang tepat tidak ada; itu tergantung pada jenis gambar dan bagaimana Anda ingin menggunakannya. Singkatnya, kami merekomendasikan untuk:

  • pilih JPEG untuk foto atau ilustrasi yang lebih besar: ini akan memberi Anda hasil yang bagus dalam hal warna dan kejernihan dengan ukuran file yang relatif kecil;
  • gunakan PNG jika Anda ingin menjaga transparansi latar belakang pada gambar Anda;
  • atau, gunakan WebP, bukan JPEG dan PNG. Ini akan menghasilkan hasil berkualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil. Anda dapat menggunakan alat seperti Squoosh untuk mengonversi gambar Anda menjadi WebP.
  • gunakan SVG untuk logo dan ikon. Dengan bantuan CSS atau JavaScript, Anda dapat mengelola gambar dalam format SVG, misalnya, mengubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas.

6. Gunakan gambar responsif

 

Gambar responsif adalah gambar yang resolusinya bisa menyesuaikan perangkat yang dipakai pengunjung. Jadi, katakanlah Anda mengupload gambar dengan resolusi 720p di website.

Nah, apabila pengunjung membuka website dengan perangkat mobile beresolusi 320p, gambar 720p Anda tadi otomatis juga berubah menjadi resolusi 320p.

Dengan begitu, loading website Anda tetap cepat di perangkat mobile. Sebab, jika website lambat diakses oleh perangkat mobile, tak hanya image seo, tapi performa SEO Anda secara keseluruhan akan menurun.

Untungnya, sejak versi 4.4, WordPress sudah otomatis membuat gambar Anda menjadi responsif. Jadi, Anda bisa bernafas lega. Namun, kami sarankan Anda untuk tetap mengecek gambar-gambar website di file tema.

7. Tambahkan data terstruktur gambar

 

Menambahkan data terstruktur ke halaman Anda dapat membantu mesin telusur menampilkan gambar Anda sebagai hasil kaya. Meskipun Google mengatakan data terstruktur tidak membantu Anda mendapat peringkat yang lebih baik, itu membantu untuk mencapai daftar yang lebih sempurna dalam Pencarian Gambar. Masih ada lagi. Misalnya, jika Anda memiliki resep di situs Anda dan Anda menambahkan data terstruktur ke gambar Anda, Google juga dapat menambahkan lencana ke gambar Anda yang menunjukkan bahwa gambar ini milik resep.

Gambar Google mendukung data terstruktur untuk jenis berikut:
• Produk
• Video
• resep

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *