fbpx
Teknik seo

7 Trik Simpel SEO Untuk Pemula

1. Distribusi Otoritas Link Homepage ke Page Paling Penting

 

Halaman Homepage kamu secara alami menarik lebih banyak tautan (Link) daripada halaman lainnya di situs web kamu. Bagian penting dari strategi SEO yaitu kamu harus memastikan bahwa otoritas link diarahkan secara efektif dari Homepage  ke sublaman (Child pages)  terpenting kamu.

Meskipun Google dapat membuat JavaScript dan AJAX lebih baik dari sebelumnya, taruhan teraman kamu untuk hal ini adalah dengan menggunakan link html biasa.

Mungkin sudah kamu pastikan bahwa laman kategori penting sudah diletakan dibagian atas (Top Navigation) homepage, akan tetapi bagaimana dengen menyertakan link ke produkmu yang paling penting dibagian tengah (Body) ?

Link di bagian body suatu laman biasanya akan melewati lebih banyak otoritas link daripada link navigasi, terutama link footer.

Membuat link yang jelas dan menonjol juga berguna dari sudut pandang pengalaman pengguna (User experience), karena ini memastikan orang dapat dengan mudah menemukan produk terbaik kamu dengan cepat

3. Hindari Menggunakan Gambar Berukuran Besar

 

Ukuran yang dimaksud disini bukanlah besaran pixel gambar yang diupload melainkan sizenya (kilobyte /  megabyte). Suatu gambar yang memiliki Size besar bahkan mencapai Megabyte biasanya akan menyebabkan proses loading laman website menjadi lambat. Lalu apa masalahnya ?

Proses loading yang lambat jelas akan membuat pengunjung website kamu merasa tidak nyaman. Umumnya mereka akan langsung kembali ke hasil pencarian jika websitemu memakan waktu lebih dari 2-3 detik.

Oleh sebab itu kamu harus lebih memperhatikan kembali size gambar yang di upload diwebsite. Compress terlebih dahulu gambar tersebut sebelum diupload dengan menggunakan tools seperti Compressjpeg, atau tinyjpg agar kecepatan websitemu tidak terganggu.

Trik SEO

Sedangkan untuk mengecek kecepatan websitemu saat ini, kamu bisa memanfaatkan tools gratis seperti Google Pagespeed Insight.

tRIK seo 2

3. Riset Keyword (Kata kunci)

 

Dalam perencanaan mengembangkan situs, hal pertama yang kamu lakukan tentunya adalah perencanaan. Kemudian, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah apa yang orang cari saat mengetik keyword tersebut di Google.

Bagaimana caranya? Kamu dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Adwords, yaitu Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis. Setelahnya, coba ketik kembali keyword tersebut dan lihat artikel seperti apa yang muncul.

teknik SEO

Umumnya tipe artikel tersebut akan sama dan ini bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang biasa dicari oleh pengguna. Buat artikel serupa akan tetapi jangan sama persis, buat dengan gaya tulisan kamu sendiri dan jika bisa tambahkan informasi lebih detail tentang topik yang dibahas.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa memanfaatkan Latent Semantic Index (LSI) sebagai bahan referensi kata kunci. LSI biasanya tampil dibagian bawah hasil pencarian google.

 

4. Membangun Backlink

 

Algoritma Google akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlink. Oleh karena itu, bangunlah backlink yang berkualitas untuk situsmu. Hal ini bisa kamu lakukan secara terus menerus dan bertahap.

Saat membangun backlink untuk sebuah situs adalah membangun yang berkualitas. Jadi, gunakanlah waktu senggangmu untuk membangun backlink yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

Tips Seo

5. Fokus Pada Konten

 

Sejak update Google Hummingbird persaingan di dunia digital semakin ketat saja. Kini memiliki website dengan konten beragam topik sudah tidak efektif menarik audiens.

Google menyarankan agar setiap pemilik website hanya fokus pada 1 niche saja. Kalo kamu ingin memuat tentang Teknologi, maka fokus pada hal-hal yang berbau teknologi saja. Jangan ekspansi ke produk kecantikan.

Saat kamu menulis suatu post atau konten, pastikan kontennya fresh dan up-to-date, juga mengikuti trend yang ada. Audiens sangat suka konten baru yang dikemas menarik.

Meng-update konten yang sudah kamu publish pun bisa jadi opsi lainnya. Kamu bisa menambahkan beberapa gambar, studi kasus, infografis hingga video agar konten terlihat lebih atraktif.

Menulis konten yang relevan dengan niche pilihanmu masih belum cukup untuk di lirik Google. Kamu harus memperhatikan ketebalan konten yang kamu tulis.

Menurut beberapa hasil riset, kebanyakan website yang menduduki page 1 Google memiliki jumlah kata setidaknya 1700 kata. Ini mengindikasikan kalo konten yang mereka buat pembahasannya cukup mendalam.

Konten yang dibahas secara mendalam terlihat lebih informatif di mata audiens. Selain informatif, audiens pun akan betah berlama-lama di kontenmu bahkan melihat konten / postmu yang lain. Ini artinya Dwell Time dan Click Through Rate (CTR) websitemu sudah baik.

Hal positif ini adalah sinyal penting bahwa websitemu berkualitas dan patut ditempatkan di posisi teratas oleh Google.

 

6. Optimasi Title Tag & Meta Description

 

Membuat konten yang unik dan berkualitas belum cukup buatmu. Karena ada banyak miliaran jumlah post yang setiap harinya di publish.

Tantangan kamu lainnya ialah bagaimana caranya mendapatkan ranking tinggi pada hasil pencarian Google, yang mana 71.33% klik organik berasal dari web yang berada di Page pertama Google.

Disinilah campur tangan Title tag & Meta Description. Kamu dituntut untuk bisa membuat Title & Meta desc. Yang memang benar-benar melambangkan website kamu.

Misal kamu mencari informasi perihal Smartphone terbaru tetapi di bagian title tag & metanya tidak terdapat keyword tersebut, apa iya akan kamu klik ? Jelas tidak

  • Title Tag –Post maupun konten dengan Title atau judul yang bagus dan menarik dapat meningkatkan Page Ranking dan CTR (Clickthrough Rate)
  • Meta Description – Deskripsi yang dijabarkan dengan jelas dan lengkap berpotensi menarik perhatian pembaca

Penting juga buat kamu ingat, menyisipkan target keyword di kedua elemen tersebut sangat efektif membantu ranking mu di search engine. Tapi bukan berarti disana kamu tumpuk target keyword kamu aja.

Kamu harus bisa menarik rasa penasaran pengunjung dengan kata-kata yang memancing rasa ingin tahu mereka untuk mengklik.

Baca Juga :

7. Manfaatkan Google Search Console

 

Tahukah kamu bahwa Google menyediakan tools gratis buat bantu kamu mendapatkan ranking yang bagus di hasil pencarian mereka ? Tools ini bernama Google Search Console

Google Search Console ( GSC ) atau juga dikenal sebagai Google Webmaster Tools menjadi alat yang sangat berguna untuk mengoptimalkan performa web serta senjata mutakhir digital marketing kamu. . Dengan tool ini, kamu dapat memantau dan memaksimalkan visibilitas websitemu di hasil pencarian Google.

Google search Console 43

Kamu juga dapat melihat laporan yang menunjukkan:

  • Query mana yang menyebabkan webmu muncul di hasil pencarian
  • Website lain yang memasang link  ke website kamu
  • Apakah website berfungsi dengan baik di mobile device.
  • Traffic yang dihasilkan website
  • Impression yang didapat suatu post atau artikel

Kalo diringkas, menempati posisi pertama di google bukanlah hal mustahil. Namun tidak mudah pula dan sangat membutuhkan waktu. Kamu perlu :

  • Fokus pada Konten
  • Optimasi Title Tag & Meta Description
  • Memanfaatkan Tools Google Search Console

Selain ketiga faktor diatas, tidak menutup kemungkinan adanya faktor lainnya. Tetapi dengan ketiganya peluangmu akan semakin terbuka lebar.

Sumber : https://searchengineland.com/7-quick-seo-hacks-seo-newbie-257385

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *