7 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah link (tautan) dari satu website menuju website lain, atau dari website lain menuju website kamu.

Backlink adalah salah satu faktor utama untuk meningkatkan peringkat website di sebagian besar mesin pencari, termasuk Google. Membangun backlink adalah sesuatu yang wajib kamu lakukan jika ingin memiliki peringkat tinggi di Google.

Semakin banyak backlink yang dimiliki situs web kamu dari domain otoritatif, semakin tinggi reputasi yang kamu miliki di mata Google, dan mendominasi SERPS.

Saat ini, backlink memiliki reputasi yang buruk, dan sering dikaitkan dengan spamming. Padahal awal terciptanya backlink bukan untuk hal itu. Kali ini kita akan membahas 7 cara mendapatkan backlink berkualitas dan tentunya dengan cara yang elegan serta gratis.

 

Amati dan Tiru Backlink Terbaik Kompetitor

Sebagai contoh, website dengan peringkat tinggi tentunya memiliki banyak backlink yang berasal dari berbagai website yang memiliki Domain Auothority yang tinggi serta dikenal kredibel oleh google.

Sayangnya asal backlink tidak bisa disembunyikan, dan inilah yang menjadi kesempatan untuk meniru backlink yang mereka miliki.

Kamu bisa menganalisa backlink yang dimiliki kompetitor dengan tools seperti Dimia.id. Setelah itu gunakan metrik yang disediakan untuk menentukan backlink mana yang layak ditiru.

Jangan terjebak dalam upaya meniru semuanya, karena tidak semua website memiliki otoritas yang bagus termasuk wikipedia. kamu cukup meniru website dengan otoritas bagus.

replikasi backlink

Kalau pesaingmu menggunakan backlink berjenis Dofollow, maka ini akan sangat membantu kampanye SEO kamu karena mereka juga akan memasang backlink kembali ke websitemu (websitemu harus berkualitas tentunya).

Sedangkan apabila berjenis Nofollow, maka tidak akan memberi dampak yang signifikan. Akan tetapi ada kemungkinan akan mengarahkan traffic menuju situs web kamu.

 

Analisa @Mention Kompetitor

Memata-matai dan meniru backlink kompetitor masih belum cukup buatmu. Disini kamu juga harus mencari cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Salah satunya dengan memperhatikan seperti apa mereka memperkenalkan brand mereka di internet. Misalnya dengan menganalisa Mention yang digunakan kompetitor kamu dengan bantuan tools Mention.

 

Guest Blogging

Walau terbilang cara jadul alias jaman dulu, tapi nyatanya Guest Blogging masih menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Sebagai info, Guest Blogging artinya kamu menulis suatu blog, postingan, atau artikel tetapi pada situs web lain. Cara ini merupakan tehnik yang sangat bagus untuk membangun follower di media sosial, mengarahkan traffic, dan tentunya gratis.

Google sendiri menerima Guest Contributor di blog yang mereka kelola, jadi kamu tidak perlu khawatir terkena pinalti asalkan postingan guest blog kamu tidak bersifat spamming dan ditulis dengan baik.

guest blogging

Perlu diingat saat membuat guest blog, kualitas dari kontennya wajib kamu perhatikan. Buatlah sebagus saat kamu membuat konten di website sendiri.

Walaupun tidak semua penggiat Guest Blog sukses, namun apabila dilakukan dengan bersungguh-sungguh, maka hasilnya akan sepadan.

 

Bangun Internal Link Yang Baik

Meskipun banyak yang meragukan efek dari internal link terhadap SEO, padahal sebenarnya website dengan struktur internal link yang baik mampu membuat website terlihat lebih informatif.

Cara membangun Internal Link yang baik dapat dilakukan dengan cara menghubungkan satu post atau konten dengan yang lainnya selama sama-sama memiliki topik yang relevan.

Pastikan saja jangan disalahgunakan dan tidak lebih dari 100 internal link. Jika kamu mengabaikan hal ini kemungkinan website anda akan dinilai mencurigakan oleh Search engine Google.

 

Promosi Konten terbaik di berbagai Platform

Jenis konten atau post yang baik dan menarik tidak akan mengundang backlink jika tidak ada orang yang tau. Kamu harus melakukan sebaik mungkin mengenalkan konten terbaik kamu diberbagai platform seperti sosial media (facebook, twitter, dan Instagram) dan Forum-forum yang terkait dengan konten yang dibuat.

Untuk melakukan hal ini, anda juga bisa menggunakan tools riset influencer seperti Hey Press, Klout, atau BuzzSumo untuk mencari blogger yang bersedia memasarkan produk atau layanan kamu.

 Kursus SEO

 

Broken Link Building

Merupakan metode yang sama jadulnya  dengan Guest blogging dan cara yang cukup dikenal di kalangan SEO untuk mencari backlink yang bagus yakni dengan metode broken link building.

Broken Link Building adalah praktik mencari link yang mati atau 404 error yang ada pada suatu website atau blog yang memiliki domain authority yang bagus.

Tehnik ini bisa kamu lakukan dengan cara memberi tahu si pemilik website atau blog bahwa ada link yang mati di website atau postingan mereka dan menawarkan link dengan konten serupa dari websitemu.

Pastikan untuk membuat konten yang berkualitas sebelum kamu melakukan hal ini agar mereka bersedia mengganti link yang rusak dengan link menuju website kamu.

Kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi broken link menggunakan Ekstensi Google Chrome yang disebut Check My Links. Setelah menemukan broken link, hubungi webmaster dan beri tahu mereka tentang masalahnya.

Berikan mereka instruksi langsung dan buat mereka mudah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan. Kemudian sarankan situs web Anda sebagai pengganti dari broken link yang rusak.

 

Membuat Infografis

Ada banyak orang yang mulai menyukai infografis. Karena mengandalkan visual dan menarik untuk dilihat, pembaca senang melihatnya. Dan banyak pembuat konten mulai membagikan konten infografis mereka.

Ketika kamu membuat infografis untuk suatu konten, seseorang yang membagikan infografis tersebut ke website mereka, tentu harus menautkan kembali ke website kamu.

Setelah kamu membuat dan mempublikasikannya, kamu bisa menjangkau blog lain sesuai dengan bisnis yang anda kelola, dan meminta mereka membagikan konten tersebut jika relevan.

Jika mereka menautkan website kamu, sama saja kamu sudah mendapatkan 1 backlink berkualitas tanpa harus membayar.

 

Sumber : mention.com

Tinggalkan Balasan